Cara
Mudah Mengasah Ketrampilan Komunikasi
Pendahuluan :
Ada
seorang anak yang pintar, pendiam dan suka menyendiri , dia selalu
mendapat juara kelas. Dia juga menjadi
teladan dalam sekolahnya. Setelah lulus sekolah dia melanjutkan ke perguruan
tinggi yang terkenal. Dia selalu mendapat IPK cumlaude. Dan dia lulus pada
waktunya. Setelah lulus kuliah dia melamar pekerjaan. Apa yang terjadi saat
melamar pekerjaan? Dia selalu gagal dalam
seleksi wawancara, karena dia selalu gugup dalam menghadapi wawancara
walaupun dia menguasai materi.
Keringat
mengucur deras dan berkata terbata-bata
jika melakukan presentasi di depan banyak orang. Sehingga, dia tidak mampu
mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan.
Komunikasi,
kata ini adalah kunci dalam banyak hal yang melibatkan hubungan antar manusia.
Keberhasilan menyampaikan pesan pada orang lain, persis seperti apa yang kita
maksudkan, bisa disebut sebagai keberhasilan dalam sebuah hubungan. Sebaliknya,
kegagalan komunikasi (miscommunications) bisa jadi bencana bagi para
pelaku komunikasi.
Dalam lingkungan
sekolah, kehidupan bermasyarakat, maupun lingkungan kerja kelak nantinya, komunikasi
selalu jadi kunci utama. Langkah-langkah sederhana untuk mengasah ketrampilan
komunikasi, antara lain :
- Pengetahuan Kalian
- Pendidikan adalah segala yang telah kalian pelajari secara mendasar, tapi
untuk memperbaiki ketrampilan komunikasi, yang kalian butuhkan adalah bagaimana
mempraktekan apa yang telah kalian pelajari. Kita semua memang punya
keterbatasan, tapi bukan berarti kita tak dapat belajar membuatnya bermanfaat
dan membagi apa yang kita tahu dengan orang lain.
Contohnya : Belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan keluarga. - Mendengarkan - Bagian ini sama pentingnya dengan mengajukan pertanyaan. Kadang dengan mendengarkan suara kita sendiri kita dapat belajar sedikit lebih percaya diri. Dan mengatakan hal-hal yang kita percaya dengan penuh keyakinan. Contohnya : Mendengarkan penjelasan pertanyaan yang diajukan kepada guru.
- Rendah Hati - Kita semua pernah membuat kesalahan, dan kadang kita cenderung mengucapkan kata-kata yang merendahkan. Atau kadang dengan membuat pengucapan yang salah, yang akibatnya malah membuat orang yang mendengarkan kita tak terkesan. Jadi, saat sedang melakukan percakapan dalam kelompok, jangan takut bertanya apa Anda salah mengucapkan kata dan jika orang lain tak yakin soal ini, jadikan saja bahan lelucon.
- Kontak Mata - Tatapan mata bisa mengungkapkan banyak hal. Sangat penting bagi kalian untuk tetap fokus saat berbicara dalam kelompok atau didalam kelas, walaupun semua yang hadir kalian kenal dengan baik.
- Buat Lelucon - Sedikit humor dapat jadi pereda ketegangan yang luar biasa. Bicara serius terus-menerus akan membuat orang lain bosan. Dengan gurauan kalian dapat menarik perhatian orang lain dan membuat kalian mudah bersosialisasi
- Menempatkan Seperti Lawan Bicara - Berinteraksi adalah berbaur dengan orang-orang lain. Kalian akan mendapat banyak gagasan, saat kalian mengetahui orang lain seperti adanya mereka. Melakukan pembauran juga dapat membangun ketrampilan kepemimpinan kalian.
- Mendengarkan Diri Sendiri - Akuilah, ada saat-saat kalian bernyanyi untuk diri sendiri di kamar mandi. Kalian juga bisa mulai berlatih dengan mendengarkan semua pemikiran kalian saat kalian sedang sendiri. Bicara lah di depan cermin untuk mengoreksi titian nada yang kalian ucapkan.
- Tersenyum - Sebuah senyuman bisa memiliki banyak arti, seperti halnya tatapan mata. Jangan pernah menunjukkan ekspresi meringis atau mengerutkan dahi saat sedang melakukan pertemuan dengan banyak orang. Sebaliknya, dengan senyuman kalian bisa mengekspresikan apa yang Anda katakan dengan lebih baik.
- Panutan - Anda pasti punya satu atau dua orang yang selalu Anda dengarkan saat sedang melakukan pertemuan. Meniru bagaimana mereka menekankan apa yang mereka katakan dapat membantu kalian saat sedang berbicara di hadapan orang banyak.
- Persiapan - Lakukan persiapan terbaik. Buat catatan, atau lakukan persiapan apa pun yang membuat kalian nyaman untuk mengungkapkan pendapat kalian saat berhadapan dengan orang banyak.
Cara
apa lagi yang lebih baik untuk memulai komunikasi yang efektif selain
memulainya dari orang terdekat : diri sendiri. Selamat mencoba!